Home » Life Style » 5 Hal Penyebab Tugas Sekolah Tidak Selesai-Selesai
5 Hal Penyebab Tugas Sekolah Tidak Selesai-Selesai
Teenage girl lying on bed in her room and studying. She is using computer to help her for researching. Eating cookie for snack. Evening or night with beautiful yellow lights lightning the scenes.

5 Hal Penyebab Tugas Sekolah Tidak Selesai-Selesai

“Duh, tugas sekolah atau kuliah kok nggak selesai-selesai ya rasanya?”. Pernah nggak sih kita smikir kayak gini? Atau malah sering? He he.. well, kalo jawabannya iya, mungkin ini alesannya girls!

 

1. NUNDA-NUNDA

Hayoo.. ngaku siapa yang suka nunda-nunda kerjaan? Kita suka ngerasa kalo tugas nggak harus segera dikerjain karena pikiran-pikiran kayak gini nih misalnya:

“Ah, masih bisa dikerjain besok kok” .

Deadline-nya masih minggu depan, ngerjain H-1 bisa lah ya”.

Akhirnya mau nggak mau begadang deh pas mepet-mepet deadline. Sering juga sebenernya kita tau kalo nunda-nunda kerjaan tuh nggak baik, cuma apa daya, males susah banget dilawan! Ugh, terus harus gimana dong?

What to do: Pernah denger quotes ini nggak? “Jangan pernah nunda apa yang bisa kita kerjakan hari ini”. Kalo kita emang ada waktu, kenapa nggak dicicil sejak jauh-jauh hari?

Emang siheasier said than done. Seringkali kita udah tau teorinya, tapi susah banget buat ngejalaninnya. Well, tiap kita ngerasa males, coba deh inget-inget betapa hectic-nya terakhir kali kita Sistem Kebut Semalem (SKS). Mungkin bayangan betapa ribetnya kita nanti sebagai akibat dari nunda-nunda kerjaan bisa jadi penggerak buat kita untuk segera mulai ngerjain tugas.

 

2. NGGAK FOKUS

Udah nyicil ngerjain tugas dari jauh-jauh hari tapi sampe sekarang belum selesai juga? Hmm.. Nggak kaget sih. Hal ini mungkin banget terjadi kalo kita emang nggak fokus selama ngerjain tugas. Akhirnya walapun udah dicicil, progress kita tiap harinya jadi nggak signifikan.

Apa lagi godaan anak zaman sekarang banyak banget ya, terutama gadget. Baru juga nulis satu kalimat, eh kegoda buat cek chat di Line. Nulis kalimat berikutnya, terus  malah liat-liat update di Instagram.  Pas baru aja niat mau pindah ke paragraf selanjutnya, lah, malah buka Youtube.. terus bablas nonton deh sampe matahari terbenam. Ya Tuhan :’)

TUGAS-SEKOLAH-NGGAK-SELESAI-SELESAI?-MUNGKIN-INI-PENYEBABNYA

What to doTetep fokus tuh emang susah banget, terutama buat kita yang orangnya bosenan. Makannya kita harus punya tekad yang kuat. Nggak ada gunanya kita matiin dan naro smartphone jauh-jauh kalo pada akhirnya kita tergoda buat nyalain smartphone itu lagi pas ngerasa jenuh.

Break juga penting banget lho girls buat mempertahankan fokus kita. Bikin jadwal break secara berkala karena nggak ada gunanya melototin file tugas selama berjam-jam kalo pikiran kita sebenernya udah nggak di sana. Tentuin waktu yang pasti: berapa lama kita harus kerja dan berapa lama jatah kita buat break. Misalnya setelah ngerjain tugas selama setengah jam, kita jadwalin buat break selama 10 menit.  Kuncinya satu sih: tertib ikutin jadwal dan rencana yang udah dibuat.

 

3. NGGAK TERENCANA

Kebanyakan dari kita cuma pengen tugas cepet selesai, tapi nggak punya tujuan dan ekspektasi yang jelas. Padahal salah satu hal yang bakal ngehambat kita adalah nggak adanya rencana. Kalo kita nggak berencana sebelum mulai ngerjain sesuatu, bisa-bisa kita kehilangan arah di tengah jalan, termasuk di saat ngerjain tugas.

What to doCoba deh bikin goals sebelum kita mulai bekerja. Mulai dari tugas mana yang harus dikerjain duluan berdasarkan prioritas sampai berapa lama waktu yang kita butuhin buat nyelesain tugas tersebut. Biar nggak keteteran, kita juga bisa nentuin deadline sendiri sebelum deadline yang sesungguhnya. Tapi jangan sampe berakhir sebagai rencana aja ya.. kita harus berusaha sebisa mungkin buat mencapai goals tersebut.

Oh ya, coba juga pikirin lokasi dan waktu produktif kita. Misalnya aja beberapa orang baru bisa konsentrasi di malam hari ketika orang lain udah pada tidur. Kalo udah tau prime time kita masing-masing, kita bisa berencana buat gencar ngerjain tugas di jam-jam tersebut. Yes, place and time ternyata ngaruh ke kinerja kita lho girls!

 

4. MULTITASKING

Nggak semua orang bisa multitasking. Maksain diri buat ngerjain beberapa hal dalam satu waktu terkadang malah jadi penghambat buat kita. Kalo kita masih suka lompat-lompat dari ngerjain satu tugas ke tugas lainnya, mungkin ini alesan kenapa tugas kita malah makin numpuk, bukannya selesai.

What to do: Fokus ke satu tugas aja dalam satu waktu. Setelah tugas itu selesai, baru deh mulai ngerjain tugas selanjutnya. We’re not superhuman, so sometimes it’s better to do it on step at a time.

 

5. PERFEKSIONIS

Siapa yang suka ngebaca tulisannya berulang-ulang bahkan sebelum tugas tersebut selesai kita kerjain? Atau kamu pernah sampe ngerjain ulang suatu tugas karena nggak puas dengan hasil yang udah dibuat? Kalo jawabannya ya, berarti mungkin kita termasuk orang yang perfeksionis dan sifat ini seringkali memperlambat cara kerja kita.

What to do: Stop mengharapkan kesempurnaan. Kerjain aja dulu tugas kita sampe selesai, baru deh dibaca dan diedit lagi setelahnya. Pengen ngerjain tugas secara maksimal adalah niat yang baik, tapi jangan sampe sifat perfeksionis ini malah bikin kita jadi terlambat ngumpulin tugas, atau lebih parahnya bikin kita stress karena selalu nggak puas sama diri sendiri.