Home » Life Style » 6 Alasan Kamu Harus Menghindari Bercinta Sebelum Nikah
6 Alasan Kamu Harus Menghindari Bercinta Sebelum Nikah

6 Alasan Kamu Harus Menghindari Bercinta Sebelum Nikah

Kurangnya mawas diri dan pemahaman yang tepat, serta pengaruh lingkungan dan juga pergaulan merupakan beberapa faktor yang melandasi hubungan luar nikah menjadi hal yang gak terlalu tabu lagi untuk dibicarakan. Meskipun ditutupi dari orangtua, tetap saja ada teman dan orang lain yang tahu. Padahal, ini bukan hanya tentang melanggar moral dan etis, tapi juga dirimu dan masa depan pernikahanmu kelak. Berikut ini beberapa alasan kamu perlu menghindari hubungan seks pranikah:

Merusak Indahnya Pernikahan

Bahkan jika kamu melakukan hubungan luar nikah dengan orang yang akhirnya jadi suamimu, hal ini tetap akan merusak kesucian janji pernikahan, sekaligus menghilangkan sensasi di malam pertama ketika hubunganmu benar-benar sakral. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kamu  baru menikmati bercinta setelah menikah dan merasa nyaman pada zonanya masing-masing sehingga siap untuk melakukannya.

Merasa Bingung dan Banyak Menyesal

Banyak orang yang telah melakukan hubungan seksual dengan orang lain sebelum akhirnya menikah, justru merasakan penyesalan pasca pernikahan. Bukan hanya karena merasa tidak bisa memberikan yang terbaik pada pasangan hidupnya, tapi lebih buruk, ada yang gak bisa menjauhkan pikiran untuk terus membandingkan hubungan seksual pernikahannya dengan hubungan yang sebelumnya, dan ini jelas bahaya bagi hubungan rumah tangga.

Merasa Gak Layak Dipercaya dan Tidak Aman

Ditilik dari budaya Timur Indonesia, norma yang mengatur seseorang dalam berprilaku terutama mengenai hubungan luar nikah tentu akan menyisakan rasa bersalah yang besar. Ini akan membuat perempuan mana pun yang telah kehilangan keperawanannya sebelum nikah merasa gak aman dan gak layak dipercaya. Sementara itu, jika pasangannya yang ternyata pernah berhubungan dengan orang lain, ini juga akan membangun ketakutan yang jauh lebih besar, tertekan pada keadaan, bahkan mengikis kepercayaan diri hingga mengganggu pikiran dan hidup jadi tidak tenang.

Memperbesar Kesempatan Bercerai

Kadang, menyatakan bahwa diri sudah gak perawan lagi bisa jadi hal yang cukup tabu sehingga bahaya justru mengintai saat pasangan baru mengetahui yang sebenarnya setelah menikah. Gak jarang lho suami yang menceraikan istrinya, atau lebih buruk lagi, jadi mengabaikan istrinya akibat kecewa, hanya karena perempuan yang dinikahinya ternyata gak perawan – dan mungkin akibat dibohongi juga.

Bahkan di lain kasus, jarang ada lelaki baik-baik dan cukup dewasa yang “mau” dengan perempuan yang udah gak perawan dengan status belum pernah menikah. Akibatnya, terbatas dalam pilihan bisa membuatmu terjebak mendapatkan suami yang sulit sekali diterima perbedaannya olehmu. Alhasil, perceraian pun gak bisa dihindarkan.

Kemungkinan Aborsi

Rahasia umum jika tingkat aborsi akibat seks luar nikah di Indonesia cukup tinggi. Masalahnya, kelalaian serta kurangnya tanggung jawab dan pemahaman moral tentu akan menjadi bumerang bagi pasangan mana pun yang pernah melakukannya. Selain aborsi itu berbahaya bagimu dan juga membunuh janin tak berdosa, terutama untuk usia janin yang sudah cukup besar, ini pasti akan menyisakan rasa bersalah, sakit hati, hingga hilangnya ketenangan mental dan menghambat prospek cerah saat menkah nanti.

Terkena Infeksi Penyakit

Hubungan seks luar nikah yang dilakukan pada usia belum cukup umur, juga yang berganti-ganti pasangan, sekalipun dilakukan dengan tiap pacar yang kamu sayangi, besar kemungkinan menyebabkan penyakit tertentu. Entah itu penyakit menular seksual, masalah di rahim, calon kanker serviks, hingga HIV. Apa pun itu, ini memperkecil kemungkinan bahagia dalam pernikahanmu kelak, dan juga berisiko tidak sehat bahkan pendek umur.

Pada akhirnya, hubungan pranikah hanya akan mengikis nilai-nilai dalam dirimu  juga esensi dari kehidupan dan pernikahanmu kelak. Oleh karena itu, hindari hal ini sebisa mungkin ya Girls, dan tunggu saatnya hingga waktu yang tepat datang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.