Home » Life Style » 7 HAL YANG BIKIN MASA SMA-MU SIA-SIA
7 HAL YANG BIKIN MASA SMA-MU SIA-SIA

7 HAL YANG BIKIN MASA SMA-MU SIA-SIA

Masa SMA katanya memang masa yang paling indah. Selepas SMA, kamu akan dihadapkan berbagai permasalahan hidup yang lebih nyata. Jadi sebelum masa-masa itu datang, kita harus bisa memanfaatkan masa muda kita dengan baik. Dan masa SMA jadi masa krusial yang turut menentukan masa depan kita nantinya seperti apa.

Karena itulah, masa SMA yang penting ini juga harus kita manfaatkan dengan baik agar tak berakhir dengan sia-sia. Biar kamu nggak menyesal nantinya, pastikan kamu tahu hal-hal yang tanpa kamu sadari bikin masa SMA-mu sia-sia, girls!

1. Sering bolos

Sumber : http://www.colorlens4less.net/korean-high-school-uniforms/

Duh untuk urusan yang satu ini kalau kamu lakuin, bakal bikin rugi kamu sendiri lho, girls. Selain dapet hukuman dari sekolah kalau ketahuan, kamu juga menyia-nyiakan waktumu untuk mendapat ilmu yang bisa jadi bekal kamu hingga nanti.

Lagian kalau kamu keseringan bolos, inget orangtuamu, girls. Udah capek-capek cari uang untuk pendidikan terbaikmu. Jangan sampai kamu mengecewakan mereka ya.

2. Terlalu sering menentang aturan sekolah

Sumber : http://www.hancinema.net/hancinema-s-drama-first-look-seonam-girls-high-school-investigators-76983.html

Sesekali kamu mungkin males dengan peraturan dari sekolah atau guru yang dirasa terlalu mengekang. Tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya dan sering melanggar. Aturan sekolah dibuat agar kamu bisa menjadi orang yang lebih disiplin kok. Jadi selama aturan sekolah itu masih masuk akal dan berdampak baik bagi kamu pribadi, mending patuhi baik-baik. Besok kamu akan rasain manfaatnya kok.

3. Pasif di kelas

Sumber : http://www.hancinema.net/korean_movie_Marrying_School_Girl.php

Biar materi pelajaran yang kamu dapatkan di kelas bisa mudah dimengerti, jangan mau jadi murid yang pasif di kelas. Kamu harus berani langsung bertanya ke guru jika memang ada materi yang kamu tidak mengerti. Dengan banyak bertanya, materi yang diberikan akan lebih mudah kamu mengerti dan bisa kamu ingat dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, gunakan juga kesempatan untuk berdiskusi dengan teman sekelas. Sehingga kalian bisa memanfaatkan waktu untuk belajar bersama.

4. Nggak ikut ekstrakulikuler

Sumber : https://bassenyourseatbelt.wordpress.com/tag/all-girls-korean-high-school/

Selain aktif di kelas, kamu juga harus jadi murid yang aktif di luar kelas dong! Salah satunya dengan ikut kegiatan ekstrakulikuler. Nggak perlu banyak-banyak, cukup satu atau dua kegiatan ekstrakulikuler saja cukup kok.

Kalau kamu sama sekali nggak punya kegiatan di luar kelas, nantinya kamu sendiri yang akan merasakan rugi. Karena kamu sama sekali nggak punya pengalaman berorganisasi di masa sekolah. Asal kamu tahu girls, pengalaman berorganisasi yang kamu punya di masa sekolah dan kuliah nantinya akan berguna saat kamu sudah memasuki dunia kerja. Dalam organisasi kamu dilatih untuk bekerjasama dengan orang lain. Kemampuan ini yang akan sangat kamu perlukan saat sudah bekerja nanti.

5. Kebanyakan pacaran

Sumber : http://www.aminoapps.com/page/k-drama/1947995/the-heirs

Masa SMA memang kadang jadi waktunya kamu pertama kali mengenal cinta. Nggak heran kalau di masa ini banyak dari kamu yang mulai mengenal cinta monyet. Wajar sih girls, tapi jangan sampai kamu malah kebanyakan pacaran ya, girls! Sampai lupa kewajiban utama sebagai murid. Pacaran boleh, asal jangan sampai mengabaikan urusan sekolah ya.

6. Sering memilih hura-hura dibanding belajar

Sumber : http://www.myfatpocket.com/lifestyle/how-teenage-girls-and-boys-rebel-in-korea.html

Masa muda memang paling asyik jika dilewatkan dengan berbagai kegiatan seru sama teman-teman. Mulai dari nongkrong di kafe favorit atau sekedar jalan-jalan di mall. Sesekali nggak papa sih kamu seneng-seneng sama temen, biar nggak pusing sama kegiatan sekolah yang numpuk.

Tapi pastikan ya kegiatan ini nggak menyita banyak waktumu. Tugas utama sebagai pelajar sih tetap belajar ya. Mending kamu bersusah-susah sekarang dan bisa menikmati masa depan kan? Daripada seneng-seneng sekarang tapi menyesal kemudian.

7. Menyontek saat ujian

Sumber : https://stidhammusic.com/2014/02/

Well Girls, untung hal satu ini lebih baik jangan pernah kamu lakuin ya. Karena mencontek itu bakal bikin kamu ketagihan dan nggak bakal bisa mandiri. Selain itu, kamu jadi nggak akan penah percaya sama kemampuan diri sendiri.

Kalau kayak gini, gimana kamu bisa siap memasuki dunia kuliah dan kerja yang tantangannya lebih berat nantinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.