Home » Life Style » 9 Hal yang Tanpa Sadar Membuatmu Boros
9 Hal yang Tanpa Sadar Membuatmu Boros

9 Hal yang Tanpa Sadar Membuatmu Boros

Mencari dan mengumpulkan uang pasti tidak mudah kan Girls, karena butuh kerja keras untuk melakukannya. Tapi menghabiskannya, hanya dalam sehari pun bisa saja. Oleh karena itu, kamu perlu lebih bijak mengatur keuanganmu, dan menghindari beberapa kebiasaan boros yang kamu lakukan tanpa sadar seperti berikut ini:

Membeli Minuman Botol

Kamu memang perlu mencukupi kebutuhan cairanmu per hari agar tetap sehat. Tapi bukan berarti kamu harus terus membelinya tiap kali beraktivitas di luar rumah. Meskipun sebotol air putih kelihatannya murah, ini hanya membuatmu lebih boros tanpa disadari.

Jarang Membandingkan Harga

Coba ingat ini baik-baik: Antara satu tempat belanja dengan tempat belanja lainnya seringkali punya harga yang relatif berbeda, dan merek suatu tempat perbelanjaan kadang tidak lebih murah dari brand yang biasa kamu gunakan. Jadi, perhatikan dan bandingkan harganya dulu sebelum membeli. Karena selisih harga yang tampak sedikit, akan jadi besar jika kamu belanja dalam jumlah banyak, dan ini membuatmu lebih boros tanpa sadar.

Ongkos Kirim

Melakukan transaksi apapun yang memungkinkanmu melakukan paket pengiriman tidak perlu dilakukan dengan paket yang super cepat. Toh, jasa pengiriman memiliki jaminan yang sama agar barang sampai dengan aman. Ini hanya akan memakan biaya lebih banyak dan membuatmu boros tanpa sadar.

Beli DVD

Mungkin kamu berpikir jauh lebih murah membeli DVD – apalagi yang bajakan- dibanding menonton bioskop. Tapi masalahnya, ini bisa jadi lebih boros jika kamu selalu membeli film yang bahkan kamu gak tahu benar bagus atau tidaknya. Apalagi, jika kamu ternyata gak punya banyak waktu untuk menontonnya. Menghabiskan uang untuk ini hanya akan membuatmu boros tanpa sadar.

Nasi pun Harus Beli

Daripada beli, menu sarapan yang simple sebaiknya kamu siapkan sendiri di rumah. Jika kamu sedang di rumah, tapi gak punya banyak waktu untuk masak, kamu boleh saja membeli lauknya, asalkan gak ikut membeli nasinya juga. Sepintar mungkin, carilah tempat makan yang memungkinkanmu gak mengeluarkan biaya melebihi budget harianmu.

Persiapan-persiapan yang Belum Kamu Butuhkan

Saat belanja, belilah barang yang sesuai kebutuhan dengan jumlah perkiraan yang cukup. Jika kamu jarang masak, buat apa beli minyak sampai 2 kg, sementara minyak bulan kemarin pun masih tersisa banyak? Ini berlaku juga untuk barang kebutuhan lain yang kamu maksudkan sebagai persiapan jika nanti habis, atau (nanti) butuh.

Membeli Eceran

Jika kamu butuh atau memiliki ketergantungan akan sesuatu, misalnya butuh beli Koran tiap hari atau majalah tiap bulan, atau jika kamu perokok: beli rokok tiap hari, lalu kenapa kamu membeli semuanya secara eceran? Harga berlangganan, harga grosir, dan harga paket jelas lebih murah tanpa membuatmu mengeluarkan uang lebih banyak.

Makan di Luar, yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Makan di luar perlu masuk anggaran sesekali, dan sebaiknya kamu memesan sesuatu yang gak biasa. Tapi jika kamu hanya makan sesuatu yang sebenarnya bisa kamu bikin sendiri, apa namanya jika bukan malas, dan boros?

Cemilan

Cemilan bisa jadi penting, hanya jika kamu melengkapinya sesuai kebutuhan dan dengan harga yang semestinya. Belanja satu dua cemilan seperti biskui saat belanja bulanan pasti bagus. Tapi jika melengkapinya berlebihan, ini akan berubah jadi boros. Begitu pula saat kamu berada di suatu tempat, seperti nonton di bioskop atau berada di tempat-tempat wisata. Biasanya harga cemilan bisa jadi mahal, dan membelinya di sana hanya akan membuatmu boros tanpa sadar.

Jadi, lebih teliti dan bijak dalam pengeluaran pasti lebih baik. Persiapkan dengan matang apa yang kamu butuhkan tiap kali kamu akan bepergian, dan kondisikan keuanganmu sebaik mungkin sehingga kamu gak perlu melakukan pemborosan yang merugikan ya Girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published.