Style

Cara Mendukung Teman Melalui Media Sosial

Di era digital seperti sekarang ini, menjadi temen yang suportif itu jauh lebih mudah. Kita bisa memanfaatkan internet buat memberi dukungan buat temen-temen kita, terutama ketika kita nggak bisa membantu mereka secara langsung. Dengan kata lain, kita bisa banget suportif ke temen dengan cara-cara digital. Manfaatnya, selain menyenangkan hati temen, kita juga bisa menjalin hubungan baik dengan temen yang mungkin di masa depan jadi rekan kerja kita. Siapa tahu suatu saat kitalah yang bakal membutuhkan mereka, bukan?

Nah, dalam membantu temen secara digital, penting buat dipahami kalo kita nggak boleh pelit sama mereka. Dalam membantu temen secara digital, jauhi pikiran kalo bantuan itu akan merugikan kita. Misal, kita terlalu memikirkan feeds dan stories kita, takut buang-buang waktu, atau gengsi. Nothing to loose aja, anggap kita lagi sedekah dan investasi buat melancarkan urusan kita di masa depan.

Senggaknya ada lima cara yang bisa kita lakukan buat jadi temen yang suportif di era digital ini.

FOLLOW AKUN PUBLIK YANG LAGI DIKELOLA TEMEN KITA

MENJADI-TEMAN-YANG-SUPORTIF-DI-ERA-DIGITAL

Sumber gambar: giphy.com

Cara paling mudah buat mendukung temen kita secara digital adalah mem-follow akun publik yang baru dia rintis dan lagi dia kelola. Akun yang dikelola temen kita bisa berupa online shop, akun kumpulan portofolio, akun review film atau buku, akun campaign, atau akun dari event besar yang lagi dia kelola. Nggak sulit kok memijit tombol follow, kita cuma butuh waktu kurang dari lima detik. Jangan pikirkan angka following kita bakal nambah, apalagi takut bakal nyampah feeds atau stories kita. Ikhlasin aja, jangan berekspektasi apa-apa saat nge-follow akun tersebut. Kecuali, kalo emang setelah mem-follow akun tersebut terbukti mengganggu, baru deh kita bisa manfaatkan fitur hide stories atau post.

BANTU LIKE DAN SHARE INFO YANG LAGI DIPUBLIKASIIN TEMEN KITA

MENJADI-TEMAN-YANG-SUPORTIF-DI-ERA-DIGITAL

Sumber gambar: giphy.com

Setelah follow, bantuan berupa likes bisa kita sedekahkan ke temen kita yang lagi mengelola satu akun publik di media sosial. Satu likes aja bisa membantu akun tersebut nongol di explore orang lain kalo di Instagramdan nongol di timeline orang lain kalo di Twitter atau Facebook. Kalo mau lebih suportif dan berbaik hati, kita bisa bantu nge-share apa yang dipublikasiin sama temen kita itu. Nggak harus semua posting-an kita bantu share, cukup beberapa posting-an penting atau yang kita sukai aja. Misalnya, temen kita ini membuka jasa ilustrasi digital atau jasa crafting. Nah, kita tahu kayaknya beberapa temen kita butuh dua jasa tersebut. Dengan bantu nge-share jasa yang ditawarin temen kita, kita juga bantu menghubungkan penjual dengan calon pembelinya, bukan?

SUBSCRIBE DAN TONTON VIDEO DI AKUN YOUTUBE TEMEN KITA

MENJADI-TEMAN-YANG-SUPORTIF-DI-ERA-DIGITAL

Sumber gambar: giphy.com

Kalo ada salah satu temen kita yang lagi mengelola akun YouTube, entah isinya sekedar review makanan, review film, atau sekedar nyimpen portofolio video, kita bisa support dengan cara nge-subscribechannelnya. Udah nggak zaman lagi memandang sebelah mata temen yang berencana jadi video content creator, sebab saat itu profesi tersebut lagi banyak dibutuhkan dimana-mana. Soalnya, hampir semua brand memaksimalkan marketing mereka lewat media sosial dengan memproduksi konten-konten yang bagus. Kalo kita ternyata suka sama video karya temen-temen kita, nggak ada salahnya memijit tombol like atau bahkan menambahkan komentar. Satu likes dan satu komentar itu sangat berarti buat temen kita, terutama kalo mereka baru memulai keahlian barunya di bidang content producing.

BACA TULISAN DI BLOG ATAU WATTPAD TEMEN KITA

MENJADI-TEMAN-YANG-SUPORTIF-DI-ERA-DIGITAL

Sumber gambar: giphy.com

Selain konten video, mungkin ada juga temen kita yang suka memproduksi konten dalam bentuk tulisan. Nggak sedikit pula di antara mereka yang mempublikasikan karya di kanal-kanal online seperti blog atau aplikasi semacam Wattpad. Buat mempromosikan tulisan mereka, biasanya temen-temen kita mem-posting cuplikannya di media sosial. Nah, kalo nemu temen yang nge-share tulisan mereka di instastories atau status Twitter, coba deh klik dan baca tulisan mereka. Siapa tahu tulisan tersebut menginspirasi dan memberi kita pencerahan. Dan kalo iya, jangan lupa beri apresiasi dan komentari bagian mana yang kita suka dan bagian mana yang perlu dipoles lagi. Nggak harus semua tulisan temen kita, kok. Kita bisa pilih bentuk karya atau topik-topik yang kita sukai aja.

BANTU PROMOSI USAHA TEMEN KITA LEWAT INSTASTORIES

MENJADI-TEMAN-YANG-SUPORTIF-DI-ERA-DIGITAL

Sumber gambar: giphy.com

Di antara temen kita pasti ada deh yang lagi memulai karir sebagai entrepreuneur. Selain membeli produk yang mereka jual, kita juga bisa bantu support dengan cara mem-postingnya di Instastories kita sambil mention username temen kita itu. Bikin review kecil-kecilan juga boleh. Lewat review, kita nggak cuma bantu mempromosikan, tapi juga bantu temen kita buat dapet masukan. Manfaatnya, ke depannya bisa jadi produk temen kita ini makin berkembang, bukan?

Tags
Show More

Related Articles

Close
Close