Home » Cantik » Kesalahan Saat Mencuci Wajah Yang Seharusnya Dihindari
Kesalahan Saat Mencuci Wajah Yang Seharusnya Dihindari

Kesalahan Saat Mencuci Wajah Yang Seharusnya Dihindari

Kegiatan sepele mencuci wajah ternyata bisa menjadi hal yang paling menentukan apakah kulit Anda akan selalu terlihat cantik dan cemerlang atau tidak. Kesalahan-kesalahan kecil dalam mencuci wajah bisa memberikan pengaruh yang sangat besar, seperti misalnya kelebihan minyak di wajah, jerawat, dan lain sebagainya.

Ketahui beberapa kesalahan mencuci wajah yang sebaiknya Anda hindari agar problem kulit tidak mengganggu Anda, berikut ini:

Periksa kebersihan tangan
Hal pertama yang seharusnya dilakukan sebelum mencuci wajah adalah mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan adalah media yang mudah menularkan bakteri. Apabila Anda tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah, maka bakteri bisa dengan mudah berpindah dari tangan ke wajah.

Salah pilih sabun muka
Kesalahan lain adalah salah memilih tipe sabun muka. Sabun muka sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Apabila memang jenis kulit kering, maka pilih formula yang mengandung pelembab, apabila jenis kulit berminyak, maka pakai sabun muka yang ampuh membantu mengangkat kelebihan minyak.

Peeling: yes or no?
Tidak semua kulit boleh menjalani peeling atau memilih sabun wajah dengan scrub yang fungsinya serupa dengan peeling. Jenis kulit yang sensitif dan mudah iritasi baiknya menghindari jenis sabun yang mengandung scrub dan peeling.

Terlalu sering memakai sabun muka
Mencuci muka lebih dari dua kali sehari sah-sah saja, tetapi sebaiknya sabun muka hanya dipakai maksimal 2 kali dalam sehari. Penggunaan sabun muka berlebih justru dapat memicu iritasi dan membuat produksi minyak jauh lebih banyak.

Belum dibasuh bersih
Residu sabun dapat meninggalkan rasa kesat serta membuat kulit jadi kusam. Inilah sebabnya Anda tidak perlu terburu membilas dan membasuh wajah. Gunakan air mengalir yang dingin dan pastikan semua residu sabun sudah tidak menempel lagi.

Temperatur air
Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat membuka pori-pori dan malah menjadikan pori besar. Langkah yang benar adalah memakai air hangat kemudian mengakhiri dengan air dingin.

Pergantian handuk
Mengeringkan wajah sehabis dicuci dengan handuk juga perlu diperhatikan. Pastikan handuk selalu bersih dan dicuci setiap minggu. Tidak perlu menggosok terlalu keras, tetapi cukup menepuk-nepuk lembut saja.

Dengan memberikan perhatian lebih pada kulit, maka kulit wajah akan jauh lebih sehat dan kenyal. Bersiaplah mengatakan bye-bye problem kulit, selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.