Style

MAGANG SETELAH LULUS KULIAH

Pasti banyak kan di antara kita yang memutuskan buat langsung cari kerja begitu lulus kuliah? Tapi kok udah coba ngelamar ke mana-mana belum ada yang tembus juga ya? Sampe-sampe bingung mau ngirim resume dan surat lamaran ke mana lagi. Ada sih lowongan buat mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate yang menarik, tapi buat posisi karyawan magang. Masa udah punya gelar masih jadi anak magang juga sih? Cumadaripada nganggur, cobain aja apa ya.. Duh, sebenernya worth it nggak sih magang lagi setelah lulus kuliah?

Well, adakah di antara kita yang lagi dilema karena masalah ini? Menurut GR sih realistis aja girls.. kalo kita punya tuntutan ekonomi yang harus dipenuhi atau punya keinginan buat bisa segera hidup secara independen, ada baiknya kita langsung cari pekerjaan full-time aja. Karena walaupun pada kebanyakan kasus anak magang juga mendapatkan insentif, jumlahnya pasti nggak bakal seberapa bilang dibandingkan dengan gaji para karyawan yang emang bekerja full-time di sana. Tapi kalo nggak, menambah pengalaman magang sebanyak-banyaknya sebenernya sama sekali nggak ada ruginya lho! Malahan magang dulu setelah lulus kuliah bisa jadi alternatif yang menguntungkan buat kita para fresh graduate, di antaranya karena beberapa alesan berikut:

1. MENAMBAH PENGALAMAN KERJA

Bisa dibilang ini adalah alesan terkuat sih yang membuat magang setelah lulus kuliah itu worth it, bahkan ketika kita udah punya pengalaman magang waktu berstatus mahasiswa dulu. Karena nyatanya dalam dunia kerja makin banyak pengalaman pasti makin baik, di mana hal inilah yang biasanya menjadi tantangan buat para fresh graduate buat bisa diterima di suatu posisi.

Kalian pasti pernah denger kan kalo para pencari pegawai nggak bakal cuma melihat nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kita di Curriculum Vitae (CV), tapi juga aktivitas/pengalaman kita sebelumnya? Karena faktanya banyak banget hal (baik ilmu maupun skill) yang nggak bisa kita pelajari cuma dengan mendengarkan dosen di bangku kuliah, sehingga kita harus turun langsung ke lapangan. Nah, magang adalah kesempatan paling pas buat mempelajari hal-hal tersebut secara langsung, di mana kualitas inilah yang biasanya paling dicari dari para calon pegawai. So, anggap aja magang adalah bagian dari investasi ilmu dan pengalaman yang bakal mempermudah karier kita ke depannya!

2. MEMBANGUN PORTOFOLIO

Selain menambah pengalaman kerja dengan segala keuntungannya, magang juga bermanfaat banget lho buat membangun portofolio kita – terutama buat kita yang nantinya ingin berkecimpung di bidang kreatif. Kumpulan karya/hasil kerja kita sebelumnya tentunya bakal dijadikan pertimbangan dalam menilai kualitas kita sebagai seorang profesional. Jadi, manfaatkanlah kesempatan ini buat berkarya sebanyak-banyaknya, sehingga ketika kita mencari pekerjaan full-time nanti kita bisa menunjukkan bukti nyata hasil kerja kita. Kayak pengalaman, makin banyak karya pastinya makin baik!

3. LATIHAN ADAPTASI DENGAN DUNIA KERJA

Dunia kerja tuh beda banget lho dengan kuliah, di mana semua fresh graduate pasti butuh waktu buat beradaptasi dengan lingkungan baru ini ketika pertama kali memasukinya. Nah, anggap aja pengalaman kita di tempat magang kali ini sebagai latihan buat kita menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya nanti. Jadi ketika kita mulai menjalani first job setelah ini, kita udah nggak perlu struggle lagi buat beradaptasi dengan rutinitas baru kita sebagai seorang pekerja.

Lagipula jadi anak magang fresh graduate rasanya bakal sedikit berbeda lho dari ketika kita magang sebagai mahasiswa dulu. Karena kali ini kita bener-bener diharapkan buat bisa fokus dengan pekerjaan sebagaimana pegawai lainnya, nggak kayak dulu ketika tanggung jawab utama kita adalah kuliah sehingga mungkin ada beberapa pengecualian/keringanan yang kita dapatkan. Intinya sih pengalaman kerja yang kita dapet kali ini bakal lebih real. Kita juga nggak bisa memungkiri kalo perusahaan mungkin banget berekspektasi lebih dari kita karena kita udah menyelesaikan pendidikan dan udah punya sedikit pengalaman sebelumnya. But it’s a good think kok, karena coba deh lanjut baca poin selanjutnya!

4. MUNGKIN DIANGKAT SEBAGAI KARYAWAN TETAP

Ijazah udah ada, hasil kerja kita juga udah bisa dilihat langsung. Jadi kalo kinerja kita dinilai bagus dan kebetulan tenaga kita emang dibutuhkan, mungkin banget lho kita diangkat sebagai pegawai full-timeWell, jangankan fresh graduate kayak kita, anak magang yang masih berstatus mahasiswa aja banyak yang diminta buat lanjut sebagai pegawai kalo hasil kerjanya emang oke. So, jangan sepelekan posisi karyawan magang, karena bisa jadi ini adalah kesempatan yang bakal mengantarkan kita ke peluang selanjutnya. Peluang yang dimaksud di sini nggak terbatas pada status sebagai pegawai full-time ya. Mungkin juga karena network/kenalan yang kita dapet dari pengalaman magang di sini, ke depannya kita dikasih tawaran/direkomendasikan buat bekerja di tempat lain yang lebih baik lagi. There are so many unexpected opportunities out there!

5. KESEMPATAN BUAT MEMIKIRKAN KEMBALI PILIHAN KITA

Sebenernya ada banyak banget pilihan yang bisa diambil oleh kita begitu lulus kuliah, ya nggak? Misalnya aja selain kerja beberapa temen kita mungkin ada yang memutuskan buat langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau mulai merintis karier sebagai entrepreneur. Kalo kita berani membuat pilihan yang nggak biasa, kita juga bisa banget mengambil gap yearThe point is, kerja bukan merupakan satu-satunya pilihan buat kita para fresh graduate dan ketika kita memutuskan buat bekerja sekalipun, kita harus bener-bener memikirkan pekerjaan apa yang mau kita tekuni. Jangan sekedar “di mana aja deh yang penting keterima”.

Nah, dengan memutuskan  buat magang terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan pertama kita, kita bisa sambil memikirkan kembali apakah kita bener-bener ingin bekerja setelah ini. Kemudian kalo jawabannya ya, apakah bidang yang kita tekuni sekarang udah merupakan bidang yang pas buat kita. Selain itu teruntuk kita yang mau memulai pekerjaan di bidang yang nggak sesuai dengan latar belakang pendidikan, magang di bidang tersebut juga bisa memberikan gambaran awal dan pengalaman nyata yang bakal bermanfaat ke depannya kalo kita emang mau melanjutkan di bidang yang dimaksud.

Tags
Show More

Related Articles

Close
Close