Home » Cantik » Yang Harus Kamu Tau Saat Ngebersihin Muka
Yang Harus Kamu Tau Saat Ngebersihin Muka

Yang Harus Kamu Tau Saat Ngebersihin Muka

Habis seharian beraktivitas di luar, muka pasti berasa lengket dan keliatan dekil. Karena udah capek, kadang kita milih buat langsung tidur tanpa cuci muka dulu. Dulu padahal cuci muka itu hal yang penting girls! Nggak mau kan kulit muka jadi jerawatan dan kotor?

Cara cuci muka bisa dibedain berdasarkan kondisi kulit muka kita. Biar hasilnya lebih maksimal dan kulit lebih terawat, yuk cek berdasarkan jenis kulitnya.

  • Kulit normal. Kita bisa cuci muka 2 kali sehari dengan air hangat dan pembersih wajah buat ngilangin kotoran dan minyak yang nempel. Setelah itu, biar kulit muka terasa lembap, kita bisa olesin pelembab sebelum memakai makeup. Kita bisa pake scrub wajah juga, tapi jangan setiap hari ya biar kulit wajah nggak kering.
  • Kulit berminyak. Kulit berminyak butuh perhatian lebih. Kita bisa bersihin wajah minimal 2 kali sehari pake pembersih muka khusus buat kulit muka berminyak. Kalo kita mau pake makeup atau pelembab, cari yang bebas kandungan minyak. Kita juga bisa bersihin muka pake toner yang khusus buat kulit muka berminyak
  • Kulit kering. Bersihin muka pake air hangat tanpa ngegunain pembersih wajah. Kemudian, kita bisa pake pelembab yang cocok buat kulit kering biar kulit kita lembab setiap hari. Sebelum tidur, bersihin muka dengan produk pembersih muka yang ada moisturizer-nya. kita juga boleh pake pelembab sebelum tidur.
  • Kulit berjerawat. Harus ekstra hati-hati nih! Kita bisa cuci muka 2 kali sehari pake produk khusus untuk kulit berjerawat. Keringin muka dengan tisu wajah, usapin pelan-pelan biar jerawat nggak makin meradang. Jangan lupa pake krim khusus anti jerawat setelahnya ya.

CLEAN-UP-YOUR-FACE

Meskipun kulit kita cenderung normal dan nggak berjerawat, kita harus tetap ngerawat kulit wajah dengan cara mencuci muka setiap hari sesudah bangun tidur dan sebelum kita tidur. Meskipun cuma cuci muka, kita nggak boleh sembarangan. Ada step-step cuci muka yang bener yang bisa kita praktekkin sendiri setiap hari. Apa aja sih step-stepnya?

1. Wait

Sebelum kita cuci muka, tunggu sekitar 5-10 menit sampe suhu permukaan kulit muka cukup dingin dan nggak ada keringat di permukaan kulit.

2. Basahin wajah dengan air hangat

Kita bisa ngebasahin muka dengan tangan atau handuk basah. Membasahi kulit bisa bikin sabun lebih mudah rata di kulit. Air yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa mengikis kulit dan bikin iritasi

3. Gently exfoliate your skin

Exfoliating adalah proses menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dengan facial scrub. Pake facial scrub atau handuk kemudian usapkan di wajah dengan gerakan memutar, dengan fokus di area yang kering atau berminyak.

4. Rinse and pat it dry

Pake air hangat untuk ngebersihin wajah, kemudia tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkannya. Jangan dikeringkan dengan cara digosok, karena bisa memicu keriput dan iritasi.

5. Use makeup remover to wipe makeup

Buat ngapus sisa-sia makeup kayak eyeliner dan eyeshadow, agak susah kalo pake sabun muka biasa. We have to use makeup remover biar nggak ada sisa-sisa makeup ketinggalan yang bisa bikin jerawatan.

6. Apply toner

Aplikasiin toner dengan kapas, di tempat-tempat pori-pori kita terlihat besar. Toner bisa bikin kulit muka kita keliatan lebih halus dan ngurangin pembesaran pori-pori.

7. Finish it with moisturizer

Moisturizer ngebantu banget buat ngelindungin kulit kita dan ngejaga tetap terlihat cerah. Kalo kita cuci muka sebelum tidur, pake heavier moisturizer buat memperbarui sel kulit saat tidur. Sedangkan, moisturizer yang ngandung sunscreen dengan SPF minimal 15 bisa kita pake sebelum beraktivitas keluar.

 

WARNING

  • Jangan tidur dengan makeup yang belum dibersihin dari wajah.
  • Cuci handuk muka setiap hari biar kumannya nggak nempel lagi di muka.
  • Cuci muka sebaiknya jangan terlalu sering. Hal ini bisa bikin produksi minyak di wajah kita malah berkurang dan kulit yang tadinya normal malah jadi kering.
  • Buat kita yang punya kulit sensitif, sebelum beli makeup lebih baik dicoba dulu ke tangan, dan tunggu sepuluh menit buat tau apakah bikin kemerahan atau iritasi.
  • Waktu ngebersihin atau exfoliating, lakukan gerakan memutar. Dengan gerakan ini, kita memijat wajah sambil ngelancarin sirkulasi peredaran darah